Keistimewaaan Bulan Muharram

Keistimewaaan Bulan Muharram


Keistimewaaan Bulan Muharram

Keistimewaaan Bulan Muharram || Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1442 H dan yang sering disebut oleh orang Jawa 1 Suro akan jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020. Di Agama Islam, Muharram adalah bulan pertama kalender Hijriah yang merupakan bulan bersejarah yang memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam. 

Sedangkan untuk penanggalan masehi yang berpatokan pada rotasi matahari, sedang hijriah berpatokan pada rotasi bulan. 

Oleh karena itu, disebut juga kalender lunar. Setahun dalam penanggalan hijriah ini lebih pendek 11 sampai 12 hari dari penanggalan masehi atau kalender solar. 

Sejarah Penetapan Kalender Hijriah

Setelah Rasulullah SAW wafat kalender hijriah baru resmi digunakan oleh umat Islam. Dalam makalah "Meninjau Ulang Muharram Sebagai Tahun Baru Islam" yang terbit di laman academia.edu, Muhammad Anis Mulachela menjelaskan, penggunaan kalender hijriah baru resmi ditetapkan pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab. 

Sementara di riwayat lain Umar disebut sebagai orang yang mengusulkan agar kalender Islam mengacu pada waktu kelahiran atau pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah.  

Namun, Ali bin Abi Thalib tidak menyetujui usul tersebut. Ali kemudian mengusulkan awal kalender dalam Islam dimulai dari tahun terjadinya hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Usul ini ternyata diterima peserta musyawarah dan Umar lalu menetapkan penggunaan kalender resmi milik umat Islam pada tanggal 8 Rabi’ul Awal tahun 17 H. Nama kalender milik umat Islam ini adalah Hijriah karena menjadikan peristiwa hijrah Nabi SAW sebagai permulaan penanggalan. 

Lantas, mengapa Muharam ditetapkan sebagai bulan pertama di kalender tahun hijriah? 
Amirul Ulum dalam artikel "Menelisik Histori Muharam dan Hijriyah" yang tayang di laman nu.or.id, menjelaskan bahwa Muharam ditetapkan sebagai bulan pertama penanggalan hijriah karena pada bulan ini, Nabi Muhammad SAW pertama kali berniat dan merencanakan akan berhijrah. 

Setelah merencanakan hijrah, Nabi Muhammad SAW merealisasikan niatnya itu dengan pergi dari kota Mekkah pada Kamis di akhir bulan Shafar dan keluar dari tempat persembunyiannya dari gua Tsur pada tanggal 2 Rabiul Awal atau 20 September 622 M untuk menuju ke Madinah. Tahun saat peristiwa ini terjadi ditetapkan sebagai tahun 1 Hijriah.

Keistimewaan Bulan Muharram
Selain menjadi bulan saat Nabi SAW pertama kali berniat dan merencanakan hijrah, Muharram pun menjadi salah satu bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satu rujukan mengenai keistimewaan Muharam bisa ditemukan di Alquran, surah At-Taubah ayat 36: 


Latar belakang ini juga menjadi dasar penamaan bulan Muharram. Kata Muharam dalam bahasa Arab "yang dilarang". Jadi, pada bulan ini dilarang perang ketika zaman Rasulullah. 

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya bahkan memaparkan, pahala untuk amal baik pada empat bulan itu akan dilipatgandakan, demikian pula dosa perbuatan buruk. (Juz 4: 89-90). 

Selain itu, keistimewaan bulan Muharam yang lain adalah julukan Syahrullah atau "Bulan Allah" yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Derajat kemuliaannya pun berada setingkat di bawah bulan Ramadan. Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA: 

Posting Komentar

© Gurune Fatur. All rights reserved. Developed by Jago Desain